SISTEM KASTA DALAM DUNIA PENDIDIKAN INDONESIA

sistem kasta adalah suatu sistem dimana terdapat pengelompokan orang-orang sesuai dengan darajat atau tingkatan dalam masyarakat sistem ini digunakan pada masa lahirnya agama hindu pada tahun 1500 SM.
Namun sistem kasta itu sendiri tidak digunakan lagi pada saat lahirnya agama budha karena dalam agama budha tidak dibenarkan adanya tingkatan atau kasta dalam masyarakat.
sejak zaman 580 Sesudah masehi perkembangan hindu budha saja sistem kasta tidak di lakukan lagi namun kenapa pada era modren seperti ini sistem kasta masih diterapkan dalam dunia pendidikan pula,Miris memang dimana seharusnya sekolah menjadi pusat pendidikan karakter yang baik tapi ini malah dijadikan tempat untuk memisahkan para siswa dengan cara membedakan kelas-kelas nya seperti kelas Unggulan,kelas Khusus Jurusan dan kelas Reguler
Di dalam pengkastaan disini sebernarnya bukanlah berdasarkan tingkatan warna kulit tapi dalam tingkatan kemampuan dan kecerdasan perserta didik.
Siswa Unggulan dalam kasta ini merupakan kasta Brahmana bila diibaratkan dimana mereka dianggap adalah siswa yang paling terpandai dan lebih dari pada siswa kasta(kelas) lain secara otomatis mereka siswa unggulan lah yang selalu mengikuti kegiatan lomba atau olimpiade diluar sekolah lalu bagaimanakah dengan siswa di kelas lain seperti kelas Khusus dan Reguler apakah kemampuan yang mereka punya tidak sesuai dengan tingkatan anak kelas unggulan padahal para siswa ini bersekolah ditempat yang sama disinilah sistem pendidikan yang saya sendiri selaku Siswa tidak menyetujuinnya karena saya sendiri merasakan dampak keegoisan siswa unggulan itu sendiri.
Sistem pendidikan seperti pengelompokan ini membuat para siswa menjadi sombong dan egois mereka merasa mereka adalah siswa unggulan yang pasti lebih dari pada kelas reguler dan kelas khusus,jadi dalam sistem pengkastaan ini Siswa dari kelas reguler di ibaratkan kasta Sudra karena mereka tidak menampilkan kemampuan mereka dan tidak mampu bersaing dengan siswa unggulan.
lalu bagaimanakah dengan siswa kelas Khusus disini,seperti kelas Khusus Bahasa ataupun siswa kelas Khusus Olahraga
mengapa ada kelas khusus seperti ini
hal ini dilakukan pihak sekolah untuk membuktikan dan mununjukkan kepada dunia bahwa
Kelas bahasa yang disekolah lain telah dihapuskan karena para siswa dikelas bahasa tidak terakreditasi disekolah ini di bangkitkan lagi dengan melakukan peningkatan kualitas siswa Bahasa dengan cara pembelajaran yang lebih ketat dan diatur sebaik mungkin agar kemampuan siswa dalam bidang Bahasa menjadi lebih baik lagi dimata publik dan pantas untuk bersaing kembali.
Sedangkan dalam kelas khusus olahraga disini adalam para atlet yang dimata umum kebanyakan atlet adalah siswa yg tidak berkemampuan dalam bidang akademik oleh karena itu maka dibuatlah kelas Khusus Olahraga.
Sistem pendidkan ini di ibaratkan dua mata pisau berbeda sebenarnya sistem ini Baik dimana kemampuan siswa bisa ditingkatkan melalui pengelolan yang baik namun bila dilihat sisi lain sangat lah tidak baik karena membeda-bedakan siswa yang lain.
dalam hal memutuskan cara yang baik dalam mengatasi sistem kasta dalam pendidikan ini sangat lah sulit karena saya hanyalah seorang siswa yang masih dalam tahapan belajar.
Jadi ibu dan bapak guru yang bersangkutan selaku pendidik lah yang bisa mengatasi masalah ini dan memberikan solusi yang baik dan tepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s